Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sultanbatara, Drs.Andi Lukman mewakili Mendikbudristek, Ahad 24 April 2022 menyerahkan SK Universitas Teknologi AKBA Makassar (UNITAMA), kepada Ketua Yayasan Pendidikan Kartini Ujung Pandang, Hendika Pradonggo, ST di Hotel Claro Makassar.

Penyerahan SK UNITAMA yang sebelumnya merupakan perubahan status dari STMIK AKBA dirangkaikan dengan pelantikan pertama Rektor UNITAMA yang dijabat Dr. H. Askar Taliang, M.Si.

Kepala LLDIKTI IX Sultanbatara, Andi Lukman pada sambutannya di acara itu mengatakan, acara hari ini merupakan momentum yang tercatat dalam sejarah perubahan bentuk sekolah tinggi jadi UNITAMA.

”Kehadiran universitas ini menambah kekuatan LLDIKTI IX. Perubahan status adalah kerja keras dan cerdas. Selain itu juga tangan tangan dingin Prof Jasruddin yang mendorong proses awal dan saya petik hasilnya hari ini diserahkan SK UNITAMA”, ungkap Andi Lukman.

Sosok Rektor Askar Taliang, dengan pengalaman pada dunia kampus sehingga Andi Lukman yakin dapat membawa UNITAMA sejajar dengan kampus yang lain.

Kehadiran UNITAMA akan mampu membawa, perubahan mendasar dan mengajak rektor baru terus kembangkan SDM. Keunggulan SDM, akan menghasilkan, output yang berkualitas, ungkap Andi Lukman.

Peralihan status jadi UNITAMA, sesuai SK Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI dengan nomor: 279/E/0/2022, tertanggal 13 April 2022. SK itu ditandatangani Plt Dirjen Pendidikan, Tinggi Riset dan Teknologi, Nizam atas nama Mendikbudristek RI.

UNITAMA ini mengelola program studi yakni; S1 Sistem Informasi; S1 Teknik lnformatika; S1 Bisnis Digital; S1 Teknologi lnformasi dan S1 Pendidikan Teknologi Informasi.

Turut hadir dalam acara itu di antaranya, Kepala LLDIKTI IX Sultanbatara pada masanya, Prof Dr Jasruddin, M.Si, Kepala Bagian Umum LLDIKTI Wilayah IX Sultan Batara Munawir Sadzali Razak SIP MA dan beberapa staf lainnya. Ketua Kerukunan Keluarga Barru, H. Muh Yasin Azis, SE

Rektor UNIBOS, Prof Dr Ir Batara Surya, M.Si, Rektor Universitas Fajar, Dr Mulyadi Hamid, M.Si, Ketua STKIP PI Makassar, Dr. Muh Yunus, M.Pd, Ketua STIM LPI, Prof Dr Abd Rahman, SH, MH, Ketua STIE Pelita Buana, Drs H. A. Baharuddin, MM. Ketua Yayasan Atmajaya Makassar, Lita Limpo SE, M. Si, PhD, Ketua Yayasan Politeknik Sandi Karsa, dr.Wahyudi Hardi, M.Kes dan para pimpinan PTS lainnya serta para undangan lainnya.