Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka adalah program pertukaran antar PTN maupun PTS bagi seluruh mahasiswa di Indonesia, dimana setiap Perguruan Tinggi di seluruh wilayah di Indonesia mengirim dan menerima mahasiswa dari dan ke Perguruan Tinggi lainnya. Kegiatan Pertukaran Mahasiswa ini dilaksanakan selama satu semester penuh untuk mendukung Program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Kegiatan ini bertujuan untuk menguatkan kompetensi dan memperluas pengalaman belajar mahasiswa dengan merasakan bagaimana proses studi di Perguruan Tinggi lain, menguatkan rasa cinta kepada tanah air melalui interaksi budaya, dan mengembangkan jejaring serta kolaborasi antar mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi di tanah air.

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Teknologi Akba Makassar (UNITAMA) berhasil lolos seleksi dalam Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Merdeka Belajar – Kampus Merdeka. Andis mahasiswa semester 7 dinyatakan lolos seleksi setelah bersaing dengan mahasiswa lain di seluruh indonesia yang mengikuti program tersebut. β€œRasa Syukur dan senang tentunya saya dapatkan dengan diberi kesempatan mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Di ITB, Saya yakin Melalui program PMM, saya pribadi dan mahasiswa lain mampu membuka cakrawala pengetahuan diluar apa yang selama ini mereka dapatkan di kampus. Berbekal ilmu secara teori tidaklah cukup, mahasiswa membutuhkan soft skill dan pengalaman lebih bersama mahasiswa dari berbagai macam latar jurusan yang berbeda, universitas yang berbeda, daerah bahasa serta kebiasaan yang berbeda di satu tempat untuk berkolaborasi dan berbagi fikiran tentang berbagai hal di daerah mereka. Sehingga, mahasiswa tidak terpacu dengan apa yang biasa mereka lihat saja, tapi mahasiswa menjadi mampu meningkatkan kulitas diri mereka dan mensejajarkan diri mereka secara nasional.” Ujar Andis.

Program pertukaran mahasiswa merdeka ini akan dimulai pada semester ganjil ini pada bulan Juli sampai dengan akhir Januari 2023, dan sebelum dilaksanakan kegiatan ini, mahasiswa akan diberikan pembekalan.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNITAMA mengucapkan selamat dan sukses kepada mahasiswa yang berhasil lolos dalam program Pertukaran Mahasiswa Merdeka.