[PENGUMUMAN] Persiapan Pembuatan Proposal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Tahun 2023 di Aplikasi BIMA

Berdasarkan pengumuman Nomor: 0183/E5.5/AL.04/2023 oleh Direktur Riset, Teknologi, dan Pengabdian Kepada Masyarakat tentang Klasterisasi Perguruan Tinggi tahun 2023, Universitas Teknologi Akba Makassar (UNITAMA) berada pada Klaster MADYA. Merujuk pada keputusan tersebut, Dosen UNITAMA memiliki kesempatan untuk mengajukan hibah penelitian dan pengabdian masyarakat pada BIMA (https://bima.kemdikbud.go.id/) dengan Skema Penelitian Dasar (Penelitian Fundamental, Penelitian Kerjasama, Penelitian dosen pemula, penelitian pascasarjana) Skema Penelitian Terapan (Hilisasi, Kepakaran). Sedangkan hibah pengabdian masyarakat dapat mengajukan Skema Pemberdayaan Berbasis Masyarakat (PBM) seperti PKM, PMM. Skema Pemberdayaan Berbasis Kewirausahaan (PBK) seperti KBM, PM UPUD, PUK. Skema Pemberdayaan Berbasis Wilayah (PBW) seperti PW dan PDB.

BIMA merupakan aplikasi pengelolaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang sebelumnya difasilitasi melalui Simlitabmas. Aplikasi ini berfungsi sebagai sarana untuk membantu proses membuat dan mengolah usulan penelitian dan pengabdian. Dalam prosesnya dosen dapat membuat Usulan Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat untuk diajukan dan dinilai kepada Reviewer Kemdikbudristek. BIMA dapat diakses melalui laman https://bima.kemdikbud.go.id/

Ketua LP2M, Akbar Iskandar, S.Pd.,M.Pd.,M.Kom Mengajak seluruh dosen UNITAMA untuk meraih hibah yang disediakan oleh DIREKTORAT RISET DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (DRPM) dan Direktorat Pendanaan Riset dan Inovasi untuk pendanaan tahun 2023.

Selain hibah penelitian diatas (BIMA), Dosen UNITAMA juga memiliki kesempatan untuk mengajukan hibah penelitian yang disediakan oleh Direktorat Pendanaan Riset dan Inovasi (https://pendanaan-risnov.brin.go.id/) dan Kedaireka (https://kedaireka.id/) yang saat ini juga telah dibuka. Demikian kami sampaikan, agar segera menyiapkan dan mengajukan hibah penelitian dan pengabdian masyarakat.

Untuk jadwal penerimaan proposal akan disampaikan selanjutnya setelah ada pemberitahuan dari Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian Masyarakat Kemdikbudristek.

Demikian pemberitahuan ini, atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih.

Lampiran

  1. Paparan Direktur APTV Launching Panduan PPM
  2. Paparan Direktur RTPM Launching Panduan PPM
  3. Surat Penyampaian LPPM UNITAMA

Related posts

Mahasiswa Universitas Teknologi Akba Makassar lolos ke tahap PIMNAS ke-36 Tahun 2023

by Admin
5 months ago

AKREDITASI – Assesor LAM INFOKOM Visitasi Program Studi Teknologi Informasi

by _ Rd
3 weeks ago

Program Studi Teknik Informatika Unitama memperoleh predikat “BAIK SEKALI” dari LAM-INFOKOM

by Admin
1 year ago
Exit mobile version