Ngomongin soal apa gunanya belajar Bahasa asing di zaman now, rasanya udah basi banget, lah, ya. Tapi, ada banyak hal yang bikin Bahasa Inggris terasa  special dibandingkan dengan bahasa-bahasa asing lainnya yang biasa (banget) kamu pelajari dan hal itu tentunya jauh lebih besar dibandingkan  bikin nilai bahasa Inggrismu terus naik biar peluang lolos dapat beasiswa, kerjaan impian  jauh lebih besar. 

Bahasa Inggris adalah  salah satu Bahasa resmi internasional yang paling  banyak digunakan di seluruh penjuru dunia. Ada 53 negara yang menggunakan  bahasa Inggris sebagai bahasa resmi, dan lebih dari 400 juta orang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu mereka. Ya nggak heran kalau dimana-mana kamu pasti nemu bahasa Inggris. Makanya rugi banget kalau kamu enggan mengasah kemampuan  berbahasa Inggrismu, karena Bahasa Inggris akan memberikan kamu tiga manfaat yang amat sangat berharga yakni :

1. Mempermudah keseharianmu

Berselancar di internet, nonton film, menu makanan di café, lamaran pekerjaan, sampai label yang tertempel di shampho yang kamu pakai pasti ada unsur-unsur  bahasa inggrisnya. Artinya mampu memahami dan menguasai bahasa Inggris di zaman now adalah harga mati. Kebayang, ngga sulitnya melakukan hal-hal yang kamu temui dan lakukan sehari-hari tersebut kalau kamu ngga ngerti bahasa inggris sama sekali ?

Kalau kamu  setidaknya bisa  dan memahami bahasa Inggris  paling dasar  hal itu bakal berdampak besar buat kehidupanmu sehari-hari. Ketika kamu bisa berangkat dari hal kecil dan terus mengembangkan kemampuan bahasa Inggrismu kamu akan bisa :

2. Membuka kesempatan

Yup ! apalagi buat  kamu mahasiswa, dengan menguasai bahasa inggris, akan membuka banyak pintu kesempatan untuk kesuksesan di masa depan. Sebut aja networking dan organisasi, beasiswa, exchange ke luar negeri sampai peluang kerja yang lebih baik. Kalau kamu ogah belajar bahasa Inggris tapi ngarep bisa dapatin salah satu dari yang gue sebutin barusan ? pikir-pikir lagi deh.  

3. Nambah Wawasan dan Pengalaman

Pastinya kamu inget dong, pentingnya memiliki pengalaman Multikultural  di zaman now. Kamu pun ngga kudu hamburkan uang buat jalan-jalan keliling dunia untuk mendapatkan pengalaman ini. Percaya atau ngga cara termudah yang bisa kamu lakukan adalah belajar bahasa inggris, karena ketika kamu mempelajari bahasanya, kamu pun turut mempelajari budayanya, abis itu bahasa Inggrisnya bisa dipakai buat kenalan sama tema-teman diseluruh penjuru dunia, di dunia  maya deh !

Sama halnya seperti bahasa Indonesia dan matematika. Bahasa Inggris termasuk mata pelajaran pokok yang sudah kita pelajari dari bangku sekolah dasar kurikulum sama dari Sabang sampai Maroke yang dipelajari kadang itu lagi-itu lagi ngga kecepatan, ngga terlambat juga.  Jadi anak zaman now seperti kamu pun  juga diberkahi dengan berbagai medium yang bisa kamu jadikan  tempat  belajar  bahasa Inggris. Jadi ngga ada alasan kalau kamu ngga bisa  bahasa inggris dengan alasan ngga diajarin di kampus atau apalah. Ada smartphone yang tersambung dengan internet dalam genggaman tanganmu yang bisa kamu gunakan untuk melakukan hal apapun termasuk belajar bahasa inggris. Tuh lihat banyak bocah-bocah yang belum Tk udah fasih bahasa Inggris karena Ryan’s Toys Revenew di youtube masa kamu ngga  bisa ?

Berbagai cara dan tips menguasai bahasa asing  dengan cara yang oh so-simple seperti nonton film tanpa subtitle atau dengerin musik. Kalau emang gaya belajar bahasa  Inggris yang digunakan  di kampus nga efektif, masih ada  cara belajar lainnya yang bisa kamu gunakan di luar kelas yang bisa kamu sesuaikan dengan gaya belajarmu. Pokoknya yang  namanya belajar Jangan dibawah stres. Dibawah santai ajha.

Sama seperti kemampuan-kemampuan lainnya. Kemampuan berbahasa Inggrismu bakal naik level jika kamu mau belajar dan terus diasah. Artinya kamu hanya perlu konsisten dalam belajar dan aktif berlatih menggunakan bahasa inggris agar kamu jago berbahasa inggris baik lisan maupun tulisan. Siapapun  bisa lancar, memahami dan menguasai bahasa inggris, kok. Dalam proses belajar bahasa inggris selain tekun belajar dan berlatih. Kamu juga harus tahu dan harus menerapkan hal-hala dibawah ini :

Bertanya  pada tempat yang tepat

        Yang namanya ngga tahu, normal dan berusaha mencari tahu adalah hal terbaik yang bisa kamu lakukan , tapi kalau konteksnya belajar bahasa kebangetan abis kalau ngga paham bagaimana cara mencari sumber yang tepat. Satu-satunya sumber paling terpercaya yang bisa kamu andalkan  kamu membaca dan mendengarkan hal baru dalam bahasa inggris hanyalah kamus, baik offline atapun online. Misalnya  jangan sampai kamu membaca lowongan kerja berbahasa inggris dan nanyain apa arti kepada sipemberi lowongan. Kamu yakin mau daftar pekerjaan kalu kamu sendiri ngga ngerti ketika baca poster lowongannya.

 Pasang mindset positif–aku pasti bisa

        Terkadang dirimu sendiri bahwa bahkan bisa menjadi musuh terbesarmu. Fear Kills Growth ! jadi  mulailah suntikkan pikiran positif agar kamu ngga sampai menghambat proses belajarmu sendiri. Kalau orang lain bisa jago bahasa inggris. Kenapa kamu ngga bisa seperti mereka ?

Jangan berhenti ketika kamu diremehkan

        Ada hal lucu tapi bikin sedih bikin banyak orang takut dan malu untuk belajar  bahasa Inggris  ataupun bahasa lainnya, apaan tuh ? Jadi ceritanya begini ada seorang anak dari kota kecil lagi belajar bahasa inggris dan mencoba mempraktekkan secara lisan dan tulisan, akan tetapi teman-teman terdekatnya mentertawakannya, karena dianggap sombong, sok gaul atau bahkan mengejeknya  karena belum jago-jago banget akhirnya dia merasa  terdemotivasi untuk lanjut belajar karena tertekan oleh hal tersebut. Emang, sih kamu ngga bisa mengontrol hal-hal tersebut untuk tidak terjadi. Tapi pastikan kalau tekadmu untuk belajar tidak goyah  hanya karena cuap-cuap kosong mereka akan merasa terintimidasi dengan dirimu yang punya mindset untuk terus tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang lebih baik.

      Fun English Day merupakan satu solusi dari berbagai cara untuk melatih menumbuhkan semangat berbahasa inggris dihadirkan Universitas Teknologi Akba Makassar untuk mempersiapkan dan menambah skill mahasiswa teknologi ini dengan harapan lebih mudah terserap dalam dunia kerja karena IT dan bahasa Inggris sudah dikuasai.

      Memiliki skill IT dan bahasa Inggris akan memberikan nilai positif yang akan menjadi magnet menarik mahasiswa baru berdatangan untuk kuliah di Unitama, sebab mereka melihat buktinya kalau lulusan Unitama siap pakai dan diserap disemua sektor dan memiliki kompetensi zaman now, yang siap bersaing dimana saja. 

       Event ini dihadirkan untuk mempraktekkan langsung kemampuan berbahasa Inggris mahasiswa dengan cara yang have fun,  dikemas  dalam suasana santai, enjoy ala anak muda agar tidak  berkesan belajar tanpa belajar, sehingga membekas direlung hatinya, bahasa bahasa Inggris itu mudah dipahami, mudah di kuasai asalkan punya tiga huruf dalam hatinya. Apaan tuh ? MAU = Motivation Action and ResUlt back to Allah, ingat deh hasil maksimal ngga akan menghianati usaha, ngga percaya buktikan ajha dalam dirimu. Ok!