Tim Robot Universitas Teknologi Akba Makassar (UNITAMA) unjuk keahlian dalam Kompetisi Robot Line Follower Tingkat Nasional dengan nama Tim Vitron.

Hal ini disampaikan Akbar Iskandar, S.Pd., M.Pd., M.Kom., Dosen Pembimbing Tim Vitron saat ditemui di Menara Phinisi UNM, Senin (07/08/2023)

Akbar Iskandar mengungkapkan tim Vitron yang unjuk gigi dalam kompetisi terdiri atas empat orang dan diikuti 28 tim tingkat nasional dari berbagai perguruan tinggi.

“Tim Robot Vitron UNITAMA terdiri atas Saiful Anwar sebagai Ketua Tim dari Prodi. Teknologi Informasi, Atif Walid Ramadhan dari Prodi. Teknik Informatika, Safwul Hayat dari Prodi. Sistem Informasi dan Hendra Wijaya dari Prodi. Teknik Informatika. Adapun lomba ini diikuti 28 tim dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta dari Sulawesi dan Luar Sulawesi”, ungkap Akbar.

Akbar Iskandar menambahkan bahwa keikutsertaan mahasiswa UNITAMA dalam ajang nasional ini menunjukkan kualitas perguruan tinggi dan juga diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa yang lain.

“UNITAMA senantiasa mendorong mahasiswa untuk berkarya dan berinovasi untuk mencetakwb sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing tinggi. Selain itu, keikutsertaan mahasiswa ini diharapkan dapat memberikan inspirasi untuk mengambil langkah pertama dalam mengembangkan minat dan bakat mereka di bidang teknologi. Keberhasilan tim Robot UNITAMA menjadi cermin semangat inovasi yang harus terus ditingkatkan di tingkat nasional maupun internasional”, tambah Akbar Iskandar.

Saiful Anwar, Ketua Tim Robot Vitron UNITAMA mengungkapkan walau persiapan yang cukup singkat, namun kami dapat menunjukkan performa terbaik saat kompetisi.

β€œWalau persiapan kami cukup singkat kurang lebih 2 minggu dan kami mengalami kendala. Kami mampu untuk mengatasi kendala yang ada dan berusaha menampilkan yang terbaik dari berbagai aspek, mulai dari perancangan, pemrograman, hingga pengujian untuk menciptakan robot yang mampu mengatasi berbagai rintangan saat kompetisi”, ungkap Saiful.