Universitas Teknologi Akba Makassar (UNITAMA) memberikan tugas kepada 4 SDMnya untuk mengikuti pelatihan di Inixindo dalam bidang cyber security, pada bulan agustus 2023. Dalam pelatihan tersebut para dosen dan laboran Universitas Teknologi Akba Makassar mendapat salah satu materi tentang bagaimana menjadi seorang hacker sejati dan program ini merupakan Program Kompetisi Kampus Merdeka tahun 2023.

Andryanto, mengatakan arti hacker sebenarnya adalah orang yang memiliki rasa penasaran tinggi terhadap hal teknis dan tidak ada kaitannya dengan perbuatan kriminal. Jika kini hacker lebih dikenal sebagai sosok orang yang identik dengan perbuatan meretas situs atau server, maka ini adalah pergeseran makna di masyarakat. Menurutnya, hacker sesungguhnya tidak ada keinginan untuk merusak atau berkaitan memperkaya diri sendiri.

Hal tersebut ditambahkan oleh Febri Hidayat, bahwa sebagian orang menganggap, istilah “Hacker” identik dengan seorang kriminal atau aktivitas kejahatan. Istilah hacker begitu populer karena sering dikaitkan dengan masalah keamanan, kemampuan menggunakan bug dan mengeksploitasi kelemahan sistem. Hacker sesungguhnya yakni hanya perorangan atau sekumpulan orang yang memiliki kegemaran sama di bidang IT dengan niat memperbaiki sistem bukan merusak.

Kami mengikuti program ini bersama bapak Andryanto Aman, Icfan Askar, Qadri. Ucapan terima kasih kepada UNITAMA dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi atas kesempatan yang diberikan kepada kami untuk mengikuti program ini lewat Program Kompetisi
Kampus Merdeka (PKKM) yang diberikan kepada UNITAMA “ucap Febri Hidayat”.