Menghadapi Era Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Universitas Teknologi Akba Makassar (UNITAMA) Kuatkan Langkah Hadapi perubahan sistem pembelajaran di Era digital melalui Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) tahun 2023. Kegiatan ini diselenggarakan secara luring pada hari Senin-Rabu (21-24/08/23) di Grand Asia Hotel Makassar.

Tujuan Kegiatan ini dilakukan untuk Pemutakhiran Kurikulum menghadapi era yang setiap saat berubah dan berharap setiap dosen mengembangkan perangkat pembelajaran sesuai kebutuhan zaman “Ucap Ketua Prodi Teknik Informatika bapak Muhajirin S.Kom.,”

Dalam pelaksanaannya, Prof. Dr. Mansyur, M.Si menjelaskan tentang pentingnya pengembangan kurikulum, asesmen capaian pembelajaran, evaluasi dan tindakan perbaikan berkelanjutan. Beliau juga menjelaskan bahwa Parameter penting dalam Kurikulum OBE adalah capaian pembelajaran (outcomes), sehingga pelaksanaan asesmen dan evaluasi pencapaian pembelajaran merupakan basis untuk melakukan penjaminan mutu dan perencanaan strategi akademik.

Tentunya hal ini akan berdampak pada perubahan tuntutan dalam berbagai aspek pelaksanaan pendidikan, mulai dari penentuan profil lulusan, penentuan capaian pembelajaran, perancangan kurikulum, asesmen capaian pembelajaran, evaluasi dan tindakan perbaikan berkelanjutan “ucapnya”. Pada kegiatan ini juga dijelaskan dan didiskusikan pula kaitan antara OBE-Kurikulum dan Akreditasi Internasional. Hadir pada kegiatan ini sebagai pemateri lainnya adalah Bapak Ansari Saleh Ahmar, S.Si.,M.Sc., Ph.D dan Wabdillah S.Pd.,M.Pd.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Teknologi Akba Makassar (UNITAMA) Dr. Rohayati Arifin, M.Si., sebagai pelaksana tugas dengan didampingi oleh Ketua Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) UNITAMA tahun 2023 bapak Akbar Iskandar, S.Pd.,M.Pd.,M.Kom. Rektor UNITAMA berharap dengan adanya program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM), kita dapat meningkatkan kualitas perguruan tinggi ke arah lebih baik dengan menerapkan konsep kurikulum berbasis Outcome-Based Education (OBE).